Kiat - Kiat Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan

Kiat - Kiat Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan
sumber : kunjungi
Maswin.ID - Assalammu'alaikum. Tidak terasa, sebentar lagi kita akan menyambut bulan keberkahan. Ya bulan Ramadhan tepatnya, apa yang sudah kita persiapkan untuk mrnyambut bulan penuh keberkahan ini.

Ya, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan Kiat - Kiat Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan. Agar suapaya kita selalu mawas diri dan tidak tergesa gesa.

Oleh karena itu, seorang muslim hendaklah mengetahui yang harus dilakukan untuk menyambut bulan Rhamadan, dan memanfaatkanya semksimal mungkin.

1. Mempersiapkan Mental Yang Kuat

Betul, sebagaimana kita tahu pada saat kita ber-puasa kta menahan lapar dan dahaga. Oleh karena itu dibutuhkan mental yang matangserta kuat agar kita tidak merasa lelah dalam menjalankan ibadah ibadah ber-puasa pada bulan Ramadhan.

Jadi, persiapkan diri Anda sebaik mungkin tenang-kan pikiran Anda. Lau, fokus-kan pada ibadah ber-puasa yang hanya mengharap Ridho-Nya Allah SWT.

2. Mempersiapkan Fisik Secara Matang

Benar sekali, fisik yang kuat akan membuat puasa menjadi lebih berbobot. Karena, fisik yang cenderung lemah. Akan menurunkan kualitas ber-puasa dan cenderung bermalas-malasan. Maka dari itu, fisik yang kuat akan menunjang kualitas ibadah ber-puasa kita jadi lebih produktif.
Olahraga dan menjaga kesehatan adalah salah satu tips yang bisa di lakukan.

3. Menjaga Kesehatan

Melakukan ibadah ber-puasa tapi memiliki badan yang kurang sehat bahkan cenderung sakit, pastinya tidak di inginkan oleh seorang muslim yang sedang menjalani ibadah ber-puasa. Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah pilihan terbaik yang bisa di persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan. Selain itu, makanan juga memilik peran yang penting. Dengan menjaga pola makan yang sehat maka kita dapat meforsir makanan sehat apa saja yang masuk ke-dalam tubuh kita.

4. Mengganti Hutang Berpuasa Sebelumnya

Ya betul, apakah Anda pernah terhalang ber-puasa pada tahun sebelumnya karena suatu sebab. Iya, Anda harus mengganti berapa jumlah hutang ber-puasa Anda yang belum sempat Anda ganti sebelumnya. Maka, Anda harus sesegera mungkin mengganti hutang tersebut agar tidak terjadi penumpukan hutang pada Ramadhan yang akan datang selanjutnya. Jika perlu, Anda dapat membuat re-minder atau pengingat setiap kali Anda terhalang ber-puasa. Contohnya, Anda dapat mencatatnya setiap kali Anda terhalang puasa agar terhitung dengan valid berapa banyak hutang harus di ganti pada saat nanti

5. Bersuci Dan Membersihkan Diri

Pantaskah kita menyambut bulan ramadhan dengan keadaan yang kotor?, pantaskah kita menyambut bulan Ramadhan yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya dengan bergelimang dosa?, oleh karena itu sebelum pintu taubat tertutup, sebelum matahari terbit dari sebelah barat, sebelum nyawa sampai tenggorokan. Maka, bersegeralah ber-taubat dengan taubat yang sebenar-benarnya.

6. Mempelajari Hukum-Hukum Ber-puasa Mengenai Petunjuk Nabi

Sebelum memasuki bulan Ramadhan hendaknya mempelajari syarat-starat di terimanya puasa :
  • Hal-hal yang mem-batalkan puasa, 
  • Hukum berpuasa di hari Syaq (meragukan), 
  • Perbuatan yang dibolehkan dan dilarang bagi yang ber-puasa, 
  • Hukum-hukum salat Tarawih,
  • Hukum-hukum yang berkaitan dengan orang yang memiliki udzur seperti (melakukan perjalanan, sakit, dsb.)
  • Hukum-hukum yang berkaitan dengan zakat fitrah.
  • Dan sebagainya
Itulah beberapa hukum-hukum ber-puasa. Maka hendaklah kita memiliki bekal ilmu sebelum memahami dan mengamal-kannya.

7. Mengatur Program-Program di Bulan Ramadhan 

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan yang datang satu tahun sekali dan memiliki waktu yang cukup pendek yaitu hanya 30 hari atau satu bulan. Maka dari itukita harus memanfaatkannya sebaik mungkin tanpa ada yang terlewatkan. Oleh sebab itu, hendaknya kita mengisi bulan suci Ramadhan ini dengan memperbanyak agenda-agenda ibadah kita kepada Allah SWT. Dengan :
  • Memperbanyak ibadah salat sunnat.
  • Rutin membaca Al-Qur'an.
  • Memperbanyak tasbih, tahmid, takbir dan istighfar.
  • Peduli kepada fakir dan miskin.
  • Berbakti kepada orang tua.
  • Menyambung silaturrahmi.
  • Memuliakan tamu.
  • Menjenguk orang sakit.
  • dan ibadah-ibadah lainnya yang semisal.
Dengan guna, meraih gelaran mulia dari Allah SWT. Yaitu, "Taqwa". Dimana, ia merupakan simbol sejati bagi hamba-hamba Allah SWT. Yang, senantiasa meng-ikhlaskan hati dan memurni-kan iman yang ter patri lewat amalan ibadah yang relevan dengan hukum syar'i.

Demikian, adalah pembahasan yang dapat Maswin.ID berikan tentang Kiat - Kiat Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan. Semoga, dengan adanya tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi pembacanya. Berikan komentar Anda di kolom komentar di bawah.


Terimakasih.
Salam Hangat.


0 Response to "Kiat - Kiat Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Ramadhan"

Post a Comment

Catatan Berkomentar

1. Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
2. Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
3. Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
4. Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus.

*Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel