Makanan Sehat yang Baik di Konsumsi di Bulan Ramadhan




 
Makanan-Sehat-yang-Baik-di-Konsumsi-di Bulan-Ramadhan
sumber : kunjungi

Maswin.ID - Makanan Sehat yang Baik di Konsumsi di Bulan Ramadhan. Sebagai umat Islam, Ber-puasa tentunya menjadi salah satu kewajiban yang harus di jalani setiap tahunnya. Namun, bagaimana jika pada saat melakukan ibadah ber-puasa tidak di barengi dengan asupan yang baik bagi tubuh Anda.

Tubuh tetap memerlukan makanan sehat, sehinga tetap perlu memerhatikan pola makan yang sehat pada bulan Ramadhan. Sebenarnya pola makan selama bulan Ramdhan tidak terlalu berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Yang terpenting adala tetap menjaga keeimbangan nutrisi dari asupan makanan dan cairan selama bulan puasa.

Jenis Makanan yang Tepat untuk Konsumsi Selama Berpuasa

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama ber-puasa yaitu :

1. Buah

Meng-konsumsi buah kurma atau jus buah saat berbuka puasa adalah salalh satu pilihan yang tepat. Hindari makanan yang terlalu manis untuk terhindar dari lonjakan gula dara secara tiba-tiba.

2. Makanan Sehat

Mengedepankan pola makan yang seimbang setelah berbuka puasa. Antara lain teridir dari atas buah dan sayur, roti, atau nasi, ikan atau daging, susu dan produk olahannya, serta sedikit makanan mengandung lemak dan gula.

3. Air Putih

Penting untuk memperbanyak asupan air untuk mengembalikan cairan tubuh dan menghndari dehidrasi.

Sebaliknya makanan dan minuman yang tidak di anjurkan, yaitu :


1. Minuman Mengandung Kafein

Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein. Sebab, minuman ini bersifat diuretik, yaitu menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat melalui urine. Teh, kopi dan minuman bersoda termasuk diantaranya.

2. Makanan Tinggi Garam

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa di bula Ramadhan adalah makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Garam akan menimbulkan rasa haus. Oleh karenanya, batasi konsumsi garam di saat sahur agar terhindar dari kehausan pada saat menjalankan puasa.

3. Makanan Berlemak

Hindari juga makanan yang mengandung lemak. Seperti goreng-gorenga tau kari dan sebagainya.

Tips Makan Pada saat Ber-puasa

Ada beberapa tips yang berguna untuk diterapkan ketika Anda sedang ber-puasa, agar puasa lancar dan Anda tetap sehat. Tips-tips sebagai berikut :

1. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Waktu makan tidak kalah penting dibandingkan makan malam setelah berbuka puasa. Sahur saat berpuasa sangatlah penting. Makan di saat sahur akan mempersiapkan tubuh dengan energi dan gizi yang cukup hinga saat berbuka. Ketika Anda tidak sahur, maka jam puasa akan semakin lama yang dapat menyebabkan dehidrasi dan lelah disiang hari.

2. Pilih karbohidrat Kompleks

Makanan yang di konsumsi saat sahur sebaiknyajenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dn kay serat sekaligus tidak mengenyangkan secara berlebihan. Karbohidrat Kompleks adalah makanan yang tidak mudah di urai sehinga melepaskan energi perlahan-lahan yang sangat baik saat tubuh  ber-puasa.

3. Tidak Berlebihan

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman berlebihan selama bulan Ramadhan. Sebab, asupan makanan yang diperlukan selama bulan puasa tidak berbeda dar asupan makanan pada saat tidak berpuasa. Tetap terapkan pola makan sehat dan seimbang untuk memperoleh manfaat terbaik dari puasa.

Puasa di bulan Ramadhan dijalankan setiap tahunnya. Ini dapat dimanfaatkan untuk beribadah, serta menyehatkan tubuh. Puasa juga berarti memberi kesempatan pada sel tubuh untuk memulai proses perbaikan yang penting, serta merangsang perubahan hormon yang menguntungkan tubuh. Namun, jika Anda memilki kondisi kesehatan tertentu, konsultasi kanke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi pilihan makanan terbaik bagi tubuh Anda.

Terimakasih.
Salam Hangat.
Penulis Manja.










Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url