Berikut Daftar Harga Fotocopy per Lembar Tahun 2019




Maswin.id - Untuk menentukan harga fotocopy perlembar perlu di teliti lagi untuk mengetahui harga yang pantas untuk setiap lembar fotocopy, maskipun  anda dapat survey ke tempat toko fotocopy lainnya untuk mengecek perbandingan harga di setiap toko.


pada dasarnya untuk menentukan harga fotocopy perlembar juga harus mengikuti seberapa besar toko lain menentukan harga fotocopynya, supaya tidak dibilang terlalu mahal atau terlalu murah.

Perhitungan yang pas untuk harga bersaing dengan toko lainnya adalah anda harus memperhatikan dulu harga kertas dan biaya tinta toner fotocopy, biasanya sekarang kertas yang semakin naik harganya dapat mempengaruhi harga fotocopy perlembarnya.

Faktor penentu yang harus di perhatikan untuk harga fotocopy tahun 2019 :

  1. Lokasi toko fotocopy anda yang mempengaruhi harga fotocopy perlembar, untuk harga di pinggir jalan akan berbeda harganya jika dibandingkan dengan toko yang dekat dengan rumah sakit, sekolah atau lembaga instansi lainnya
  2. Harga Kertas, iya harga kertas yang sudah di jelaskan sebelumnya, kertas sebagai faktor penentu harga fotocopy perlembarnya, jika harga kertas naik atau mahal anda mau tidak mau harus menaikan harga jasa fotocopy perlembarnya.
  3. Harga Sewa Toko juga perlu di pertimbangkan karena biaya ini tersebut mutlak untuk dibayar, kecuali kalau memang tempat sendiri, faktor nomor 3 ini anda dapat abaikan.
  4. Listrik dan Maintenance, Kita harus itung-itungan dengan biaya listrik yang kita pakai perbulan dan  Maintenance mesin fotocopy, misal Sparepart fotocopy yang jika perlu diganti, biasanya dalam beberapa bulan mesin fotocopy sudah keliatan apa yang harus diganti supaya tidak macet dan tidak buang-buang kertas.
  5. Gaji karyawan, komponen ini bisa anda abaikan karena faktor ini tergantung seberapa maju usaha anda




Harga Fotocopy 2019
  
Harga Fotocopy per lembar kertas A4/F4

1. harga kertas Rp. 43.000/Rim = 500 lbr (43.000/500)                =   Rp. 86
2. Toner = Rp. 150.000 untuk 20.000 lbr = (150.000/20.000)       =   Rp.8
3. Listrik = Rp.250.000/15.000 ( 500lbr/hari x 30 hari kerja)        =  Rp.17
4. Ruko = Rp 14 juta (14 jt/365 hari)  = (Rp.38356 /hari)/500lbr  =  Rp.77            
5. Maintenance =  Rp. 400.000/15000                                            =  Rp.27
—————————————————Harga per lembar      = Rp. 215

Pada tahun 2019 ini rata-rata fotocopy kena Rp250,- perlembar, dan bolak balik  Rp300,-


 Keterangan :

1. Harga kertas bisa lebih murah tergantung merek yang anda beli, satu Rim berisi 500 lembar
2. 1 kg toner mampu untuk mencetak hingga 20.000 lembar
3. Listrik disini kami asumsikan anda menggunakan 1 mesin saja, untuk lebih pastinya tentu anda bisa mengambil rata-rata dari pemakaian anda dalam sebulan
4. Untuk sewa ruko atau toko saya ambil 14 Juta pertahun.
5. Maintenance Mesin fotocopy, biasanya tidak dalam perbulan untuk perbaikan mesin, tetapi saya ambil 400 ribu per bulan.


Harga Fotocopy per lembar kertas A3

Untuk harga fotocopy per lembar kertas A3 adalah 2 kali nya kertas A4/ F4, jika anda menetapkan fotocopy Rp 250,- perlembar dikalikan 2 yaitu Rp 500,- perlembar A3.


Berikut dalah daftar hitung-hitungan harga fotocopy per lembar tahun 2019, semoga yang saya share ini bermanfaat bagi anda bisnis fotocopy ini.

Terimakasih.
Salam Hangat.

https://www.maswin.id/

Sumber referensi penulis :
 - https://masgono.id/harga-foto-copy-per-lembar/
 











9 Responses to "Berikut Daftar Harga Fotocopy per Lembar Tahun 2019"

  1. Saya sudah lama gak foto kopi, pantes saja kemaren2 perlembar nya antara 250-300 an. Ternyata sudah naik ya.

    ReplyDelete
  2. Wah.. Kalo saya kadang kurang peduli sama harga FC karena biasanya saya FC pakai uang kantor.. Masalah harga biasanya saya tinggal nanya sama bagian admin lalu saya mintai uang.. :v kemudian datangi tempat FC nya.. Mas FC dokumen rangkap sekian.. Kalo selesai ya sudah tinggal ku bayar.. Minta nota.. Balik lagi ke kantor. . saldo, kredit dam sisa saldo sesuai nota tinggal diserahin ke admin.. Aman hidup gue :v

    Meski harganya terbilang cukup murah untuk per lembarnya namun jika dokumen yg perlu diFC butuh banyak.. Maka biaya pengeluarannya akan makin terasa.. Biasanya hal ini dialami oleh para mahasiswa yg harus memFC skripsi ataupun disertasi yang harus diserahkan pada dosen penguji.. Kecil kecil memang cabit rawit ini tarif FC 😂

    ReplyDelete
  3. wah saya malah tidak tahu sama sekali harga fotocopy , saya biasa fotocopy dirumah soalnya hehe 😂 ternyata perlembarnya harganya rp. 250 masih terjangkau ya bagi saya yang masih pelajar.

    ReplyDelete
  4. Luar biasa kalian semua ... Terimakasih ya atas kunjungannya

    ReplyDelete
  5. Harga fotocopy semakin lama semakin mahal, bagaimana nasib saya yang 2 tahun kedepan sudah mulai menyusun skripsi??? kalau 500 rupiah per lembar bisa mpuss saya min.

    ReplyDelete
  6. hahha solusinya buat yg mau Tugas Akhir kumpulin dari sekarang 500 rupiah perhari di kali 1 thn kan lumayan

    ReplyDelete
  7. Selama ini saya pakai mesin foto kopi dirumah dan baru tahu ternyata hitung hitungannya ckup rumit ya wkwkw. Dulu kalo denger fotokopo selembar 500 udah misuh-misuh sendiri padahal harga segitu pasti udah di itung secara akurat supaya balik modal dan dapet untung ya.

    ReplyDelete
  8. iya semua aspek aspek di perhitungkan untung ruginya jadi.. tidak bisa asal tembak harga .. karna berlaku untuk seluruh harga foto copy pertahunnya ..

    ReplyDelete
  9. kalau untuk pemula buka toko Ft Copy untuk bisa bersaing dengan yang lainnya kira2 perlembar berapa ya min?

    ReplyDelete

Catatan Berkomentar

1. Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
2. Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
3. Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
4. Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus.

*Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel